Minggu, 18 Oktober 2009

Menanyakan Tempat,, Pergi,, dan Datang...

DIMANA MESJID:
+ Mosuka wa doko desu ka? (Dimana mesjid)
- Soko ni. (Disana)
- Koko ni. (Disini)



KEMANA ANDA PERGI:
+ Anata wa dokop e ikimasuka? (Kemana anda pergi)
- Hon ya ikimasu: (Pergi ke toko buku)

Kosa Kata:
Doko : Dimana
Ikimasu : Pergi
Hon ya : Toko buku
Mosuka : Mesjid
Toire : Toilet


SAYA HARUS PERGI:
+ Watashi wa ikana kereba narimasen. (Saya harus pergi)
- Watashi wa ittewa ikemasen. (Saya tidak harus pergi)
? Anata wa ikanakereba narimasen ka? (Apakah anda harus pergi)




DENGAN APA ANDA PERGI?:
+ Anata wa nan de ikimasu ka? (Dengan apa anda pergi)
- Watashi wa ashi de ikimasu. (Saya pergi jalan kaki)




SAYA HARUS DATANG:
+ Watashi wa konakereba narimasen.(Saya harus datang)
- Watashi wa kitewa remasen. (Saya tidak harus datang)
? Anata wa konakereba narimasen ka? (Apakah anda harus datang)




APAKAH ANDA PERNAH ?:
+ Anata wa Nihon e itta koto ga dekimasu ka? (Apakah anda pernah pergi ke Jepang)
- Watashi wa Nihon e koto ga dekimasu. (Saya pernah ke Jepang)
- Watashi wa Nihon e koto ga dekimasen. (Saya tidak pernah pergi ke Jepang)